Thursday, December 17, 2015

on

Ubuntu Merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
1. Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya.
2. bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik.
3. Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik, bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.


kelebihan ubuntu :

Sukar terkena virus ; untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yg ber ext .exe untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari os tetangga tidak akan berjalan di os linux. 

3D Interface : efeck 3D kita sering jumpai di OS tetannga seperti aero memerlukan spek komputer yg tinggi tetapi ubuntu dengan spek komputer yg tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D. 

Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai usb modem, wifi dan perangkat lain just plug n play.
Kemudahan Migrasi.
 
free alias gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download.
user friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.


Banyak sekali jenis-jenis sistem operasi ubuntu yang mungkin kita kenal, namun kali ini yang akan saya bahas adalah Ubuntu Hamzanwadi yang merupakan rancangan Mahasiswa STT Hamzanwadi Pancor.

Ide membuat karya ini muncul pertama kali saat para mahasiswa STT Hamzanwadi yang tergabung dalam komunitas FOSSI (Forum Open Source Seluruh Indonesia) Lombok Timur belajar melakukan remastering. Mereka kemudian berpikir bahwa alih-alih sekedar belajar remaster, mereka dapat membuat sebuah distribusi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan pesantren. Ide ini kemudian dilanjutkan dengan melakukan diskusi mengenai jenis konten dan aplikasi yang dapat disertakan pada distribusi tersebut, sekaligus menyepakati digunakannya nama Ubuntu Hamzanwadi sebagai identitas karya tersebut.


Ubuntu Hamzanwadi dilengkapi dengan beberapa software dasar yang dibutuhkan umat Islam seperti al qur’an digital, pengingat waktu shalat, dan penunjuk arah kiblat. Ubuntu Hamzanwadi juga dilengkapi dengan aplikasi perpustakaan digital berisi kitab-kitab klasik islam, terutama yang digunakan pada MDQH NW Pancor.


beikut link download Ubuntu Hamzanwadi yang bisa anda dapatkan secara gratis.


0 komentar:

Post a Comment